GIZFIN – Baru-baru ini Huawei dan Viu secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah bersepakat untuk melakukan kerja sama dalam meningkatkan konten premium serta pengalaman mobile entertainment di regional Timur Tengah dan Afrika.
Sebagai salah satu pemain besar di regional tersebut, Huawei bertekad untuk membawa pengalaman hiburan di perangkat mobile untuk ke level selanjutnya. Dengan tujuan tersebutlah, Huawei bekerjasama dengan Viu. Viu sendiri merupakan salah satu penyedia layanan over-the-top (OTT) video streaming asal Hong Kong yang telah beroperasi di lebih dari 16 negara.
Integrasi HMS dan Petal Ads
Menurut Rohit D’silva, Viu Chief Business Officer for the Middle East and South Africa, Huawei dan Viu memiliki pandangan yang sama dalam aspek pelanggan. Viu merupakan perusahaan kustomer-sentris dan Huawei selalu berusaha memberikan pengalaman yang terbaik ke seluruh pengguna Huawei.
Sebagai bagian kerja sama tersebut, Viu telah mengintegrasikan aplikasinya dengan Huawei Mobile Services (HMS) dan mempublikasikan aplikasi tersebut di Huawei AppGallery. AppGallery ini merupakan marketplace aplikasi terbesar ketiga secara global setelah Google Play dan Apple AppStore.
Hal tersebut tentu saja memberikan kemudahan kepada pengguna Huawei untuk mengakses ribuan konten-konten Viu yang berkualitas. Saat ini, Huawei memiliki 730 juta pengguna aktif bulanan sehingga hal ini juga memberikan kesempatan kepada Viu untuk berkesempatan mendapatkan pelanggan baru.
Selain itu, Rohit menjelaskan bahwa Viu juga akan mengintegrasikan Petal Ads dalam aplikasinya. Petal Ads ini memberikan potensi bagi Viu untuk lebih berkembang dan berekspansi di regional Timur Tengah dan Afrika.

Kredit: Gulf News
Kerja Sama
Lebih lanjut, Rohit menjelaskan bahwa Viu telah bekerja dengan tim ahli Huawei sejak 2019. Dengan implementasi HMS Core Open Capabilities, aplikasi Viu dapat diluncurkan di AppGallery dengan tepat waktu dengan peningkatan performa aplikasi lebih cepat serta pengalaman pengguna yang lebih baik.
Huawei menawarkan metode monetisasai aplikasi seperti In-App-Purchase (IAP) dimana pengguna dapat melakukan pembelian atau berlangganan langsung via aplikasi dengan berbagi metode pembayaran.
Lebih lanjut, Huawei juga memiliki WisePlay DRM, yaitu sebuah digital rights management (DRM) untuk menghindari akses tidak terotorisasi dan pembajakan terhadap aset digital. Viu tentu saja membutuhkan hal tersebut untuk melindungi konten-kontennya.
Viu juga telah menerapkan ad capabilities yang ditawarkan oleh Huawei untuk meingkatkan optimasi cost-per-activation. Dengan beberapa implementasi tersebut, tahun lalu Viu berhasil mencetak pertumbuhan 47% dalam lingkup ekosistem Huawei.
Rencana Kedepan
Selain integrasi Huawei Mobile Services (HMS) dan Petal Ads, kerja sama yang dilakukan adalah berupa bundling paket Viu dengan perangkat Huawei terbaru seperti Mate 50 Pro atau P60 Pro. Bundling yang ditawarkan tersebut yaitu gratis akses langganan Viu Premium selama 6 bulan.
Viu juga merencanakan untuk merilis aplikasinya ke perangkat smart TV Huawei, sehingga konten-kontennya dapat diakses tidak hanya perangkat mobile saja.
Kerja sama ini diharapkan akan memperkuat dan mendorong pertumbuhan melalui kampanye bersama, Viu original content, dan promosi melalui bundling. Huawei dan Viu memiliki filosofi yang sama dalam menempatkan pelanggan sebagai “raja”, sehingga komitmen untuk mewujudkan visi mobile entertainment masa depan akan dilakukan dengan memperkuat kerja sama dengan teknologi yang paling mutakhir.
Sumber: Gulf News


