Huawei Pimpin Pangsa Pasar Smartwatch Tiongkok di Q1 Tahun 2023

Berdasarkan laporan terbaru Counterpoint Research, Huawei berhasil memimpin pangsa pasar smartwatch Tiongkok pada Triwulan I Tahun 2023 ini. Meskipun pengapalan smartwatch di pasar Tiongkok sedang mengalami penurunan, Huawei dapat menguasai lebih dari seperempat pangsa pasarnya.

Menurut Global Smartwatch Model Tracker, pasar smartwatch Tiongkok pada triwulan pertama 2023 mengalami penurunan pengapalan secara keseluruhan. Pengapalan jam pintar ini mengalami penurunan sebesar 28% secara year-on-year dan turun 16% secara quarter-on-quarter. Level tersebut merupakan terendah selama 12 triwulan terakhir.

Chart Pangsa Pasar Smartwatch Huawei Triwulan I Tahun 2023
Bagan Pangsa Pasar Smartwatch Tiongkok Q1 2023. Sumber: Counterpoint Research

Pangsa Pasar Smartwatch Huawei

Pada kuartal pertama di tahun ini, Huawei berhasil memperoleh pangsa pasar yang signifikan sebesar 27%. Perusahaan juga berhasil menempati peringkat pertama di semua kisaran harga dari $101 hingga $400.

Meskipun mengalami penurunan pengapalan sebesar 15% dibandingkan tahun sebelumnya, pendekatan strategis Huawei dengan menawarkan portofolio yang beragam memungkinkan perusahaan untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai pemimpin.

Jam tangan Huawei Watch GT 3 menjadi salah satu model terlaris di kuartal pertama tahun 2023. Hal tersebut semakin mengukuhkan posisi Huawei di pasar smartwatch Tiongkok.

Selain itu, fokus Huawei pada kategori smartwatch HLOS (High-Level Operating System) juga berperan penting dalam kesuksesannya. Smartwatch HLOS dikenal karena fitur canggih, opsi kustomisasi, dan kemampuan untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga. Jenis smartwatch ini semakin populer di kalangan konsumen.

Baca juga:  Huawei Resmi Hadirkan MatePad 11 2023 di Pasar Indonesia

Huawei sendiri memiliki HarmonyOS sebagai sistem operasi di smartwatch mereka. Melawan dominasi sistem operasi smartwatch saat ini yaitu watchOS milik Apple dan Wear OS milik Google.

Pada kuartal pertama tahun 2023, pengiriman smartwatch HLOS mengalami penurunan tahunan yang paling kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun, pangsa pasarnya justru meningkat dari 39% pada kuartal pertama tahun 2022 menjadi 45% pada kuartal pertama tahun 2023.

Lebih lanjut, keunggulan Huawei tidak hanya terbatas pada segmen harga menengah saja. Fokus merek ini pada smartwatch dengan harga lebih tinggi juga membuahkan hasil.

Pada segmen smartwatch premium di atas $400, Huawei berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 87%. Hal ini menunjukkan Huawei mampu memenuhi permintaan konsumen kelas atas yang mencari fitur canggih dengan kualitas terbaik.

Strategi Penjualan Smartwatch Huawei

Huawei memiliki beberapa faktor yang membuat mereka berhasil dalam penjualan produk jam pintar.

Pertama, reputasi Huawei dalam hal kualitas dan inovasi telah berhasil meraih kepercayaan serta loyalitas konsumen. Hal itu membuat mereka memilih smartwatch yang ditawarkan oleh merek perusahaan raksasa teknologi ini.

Selain itu, kemampuan Huawei dalam menjangkau berbagai segmen harga smartwatch. Hal ini memungkinkan mereka untuk mencakup basis pelanggan yang lebih luas, memastikan kehadiran mereka di berbagai segmen pasar.

Baca juga:  Huawei Freebuds SE 2 Akan Dirilis Akhir Tahun Ini?

Meskipun menghadapi tantangan di pasar smartwatch pada kuartal pertama, kinerja impresif Huawei menunjukkan ketangguhannya serta loyalitas konsumen yang tinggi. Dengan menawarkan berbagai model, berfokus pada inovasi, dan menargetkan berbagai titik harga, Huawei berhasil mengokohkan posisinya sebagai merek smartwatch terkemuka di Tiongkok.

Dominasi Huawei di pasar smartwatch Tiongkok memberikan pondasi yang kuat untuk pertumbuhan kedepannya.

Saat pasar secara bertahap pulih dan permintaan konsumen meningkat, komitmen Huawei untuk memberikan kualitas dan fitur terdepan kemungkinan akan terus menggema di kalangan konsumen.

Dengan memanfaatkan reputasi merek yang kuat dan portofolio produk yang beragam, Huawei berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan kebutuhan dan preferensi konsumen yang terus berubah, memastikan kesuksesannya yang berkelanjutan di pasar smartwatch yang dinamis.

Sumber: Counterpoint Research

Author Aristyanto
Aristyanto Heri Trimawan

Menyukai kopi, teknologi dan berlari. A Huawei Enthusiast. Ingin berkontribusi dan berbagi mengenai artikel terkait teknologi terkini.

Artikel Terkait

Huawei FreeBuds SE Blue

Huawei Freebuds SE 2 Akan Dirilis Akhir Tahun Ini?

Huawei Band 8 Indonesia

Huawei Band 8 Segera Hadir di Indonesia

Huawei MatePad 11 2023 Indonesia

Huawei Resmi Hadirkan MatePad 11 2023 di Pasar Indonesia

Tinggalkan komentar